Begini Cara Menangani Gejala Eksim Atopik di Rumah

Eksim atopik

Dermatitis atopik atau biasa dikenal dengan eksim atopik adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan gatal dan ruam yang datang silih berganti serta kulit kering. Tidak ada obat untuk kondisi ini, tetapi perawatan yang tepat dapat membantu mengendalikan dan meredakan gejala.

Eksim atopik lebih sering terjadi pada orang dengan riwayat keluarga penyakit. Penyakit ini juga lebih mungkin terjadi pada penderita alergi, seperti alergi protein dan asma. Eksim atopik biasanya pertama kali muncul sebelum usia lima tahun.

Setiap pasien mungkin mengalami gejala yang berbeda. Pada anak kecil, gejala eksim atopik mungkin termasuk kulit bersisik, merah, dan berkerak di pipi, kulit kepala, tangan, atau kaki.

Pada anak-anak di atas usia 5 hingga orang dewasa, gejala yang paling umum adalah ruam merah dan gatal parah di lipatan lutut, siku, belakang leher, pergelangan tangan dan kaki, selangkangan dan daerah bokong.

Cara Menangani Gejala Eksim Atopik di Rumah

Ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengatasi gejala eksim atopik yang berulang:

1. Gunakan produk sabun badan yang tepat

Gunakan sabun yang mengandung pelembab dan hindari sabun yang mengandung pewarna dan pewangi karena dapat mengiritasi kulit. Hindari juga sabun antiseptik karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal.

2. Kompres hangat ke kulit

Saat gejala kambuh, kompres area yang terkena dermatitis atopik dengan handuk lembut atau kain yang dibasahi air hangat. Selain mengompres kulit dengan kompres panas, mandi air hangat untuk meredakan gatal.

3. Kenakan pakaian yang menyerap keringat

Salah satu pemicu gatal dan ruam pada penderita dermatitis atopik adalah kulit yang basah akibat memakai pakaian yang tidak menyerap keringat. Oleh karena itu, penderita dermatitis atopik disarankan untuk memakai pakaian yang lembut, sejuk, dan menyerap keringat, seperti katun.

4. Gunakan pelembab khusus

Untuk mengatasi gejala eksim atopik, dokter seringkali diharuskan memberikan obat yang mengurangi peradangan dan mengurangi rasa gatal. Pengobatan untuk dermatitis atopik bervariasi tergantung pada tingkat keparahan gejala.

Selain obat-obatan, dokter sering menganjurkan pasien untuk menggunakan krim pelembab yang dibuat dengan bahan khusus. Pilih produk pelembab yang mengandung bahan aktif berikut:

  • Gliserin
  • Asam Alfa Hidroksi (AHA)
  • Asam hialuronat
  • Lanolin
  • petroleum jelly atau minyak bumi
  • Asam stearat
  • Bahan-bahan alami seperti minyak zaitun dan shea butter

Bahan-bahan tersebut menjaga kelembapan kulit, memperbaiki kulit yang rusak, serta menjaga kulit dari dermatitis atopik kering dan gatal.

Ada juga produk pelembab dengan sifat anti-inflamasi yang bermanfaat dalam mengobati gejala dermatitis atopik, seperti asam glycyrrhetinic, palmitoylethanolamine, temestane, ekstrak anggur, niacinamide atau vitamin B3, serta kombinasi dengan shea butter dan asam pirolidon karboksilat terkonjugasi. dengan asam uronat.

Gunakan produk pelembab sesuai anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada label kemasan. Secara umum, pelembab perlu digunakan dua kali sehari untuk meredakan kulit kering yang meradang akibat eksim atopik.

You May Also Like

About the Author: admin