Faktor Penyebab Terjadinya Pneumonia dari SehatQ.com

Penyakit Pneumonia mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Info penyakit pneumonia bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Menyerang salah satu atau kedua paru-paru sekaligus sehingga bisa menyebabkan komplikasi jika tidak ditangani dengan benar.

3 Faktor Penyebab Pneumonia Masuk Dalam Paru-Paru

Banyak orang menganggap remeh pneumonia, padahal jika dibiarkan bagian paru-paru yang diserang bisa jadi semakin bengkak dan mengalami peradangan. Kondisi di dalamnya juga dipenuhi dengan air dan lendir. Sebaiknya kenali penyebabnya agar Anda terhindar dari ancaman pneumonia.

Pneumonia Akibat Virus

Seperti biasa, kebanyakan penyakit organ dalam memang disebabkan oleh virus yang sama dengan saat keadaan flu maupun pilek. Namun ini dalam jumlah yang lebih banyak sehingga efeknya bisa tambah parah jika didiamkan begitu saja. Apalagi jika menyerang imunitas dalam tubuh balita.

Balita sangat rentan terkena virus dan mengalami penyakit flu maupun pilek dan berlanjut sampai ke pneumonia. Dari sumber info penyakit ini menyebutkan jika keadaan akan lebih parah jika virus sampai menyerang ke tubuh balita. Daya tahan yang masih lemah bisa membuatnya semakin ganas.

Pneumonia Akibat Jamur

Faktor selanjutnya adalah pneumonia yang disebabkan oleh jamur. Keadaan ini paling sering dialami oleh orang-orang yang punya daya tahan tubuh lemah atau ada bawaan sakit kronis sehingga rentan sekali terkena berbagai penyakit ringan maupun kompleks sekalipun.

Pneumonia yang disebabkan oleh jamur memang tidak berbahaya, jadi masih bisa diatasi dengan obat resep dari dokter atau hanya menjalani hidup sehat saja. Namun keadaan akan berbeda jika yang mengalaminya adalah orang sakit kronis. Paru-paru akan lebih sensitif dan terasa lebih nyeri.

Pneumonia Aspirasi

Terakhir adalah jenis pneumonia aspirasi, istilah ini mungkin masih terasa asing bagi beberapa orang. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan orang akhirnya terpapar menjadi sakit. Walaupun tidak berbahaya sekali namun dalam kondisi tertentu bisa membahayakan keselamatan nyawa.

Efek paling buruk adalah orang tersebut bisa saja terkena gangguan pada jaringan-jaringan sarafnya, hilang kesadaran dan berbagai macam kemungkinan lainnya. Jika Anda ingin tahu banyak mengenai pneumonia aspirasi bisa simak penjelasan singkat dibawah ini.

Faktor Akibat Terjadinya Pneumonia Aspirasi

Gangguan Pada Kesadaran

Berbeda dengan jenis pneumonia lainnya yang cenderung masih ringan dan bisa ditangani dengan obat saja, yang satu ini lebih serius dan membahayakan. Bahkan bisa mengancam kesadaran juga, apalagi bagi orang manula diatas 65 tahun. Dampaknya bisa sangat terasa.

Bagi para manula diatas 60 atau 65 tahun biasanya sudah punya penyakit bawaan sendiri sehingga jika ditambah dengan pneumonia aspirasi  akan semakin parah. Mereka yang mengidap darah tinggi bahkan juga bisa terkena stroke ringan sampai berat, sampai mempengaruhi fungsi anggota badan.

Kelainan Saraf

Ternyata terjadinya kelainan saraf tidak hanya terjadi karena bawaan ataupun kecelakaan berat saja, melainkan juga bisa dari pneumonia aspirasi juga. Untuk itulah banyak dokter dan orang kesehatan menyarankan jangan pernah meremehkan keadaan tersebut karena dampaknya bisa meluas.

Disamping itu pneumonia saraf juga bisa mengakibatkan efek kejang-kejang di beberapa kondisi tertentu. Seperti misalnya orang tersebut punya riwayat sakit kronis atau maag dan peradangan pada lambung.

Jika sekarang Anda sedang was-was karena mengalami gejala mirip info penyakit di atas sebaiknya langsung periksakan atau cek parah atau tidak efek yang masuk ke dalam tubuh. Jika semakin hari tak kunjung membaik bisa langsung bawa ke dokter saja.

You May Also Like

About the Author: admin